Inilah 21 Tempat Wisata di Gresik Terlengkap dan Terbaik yang Wajib di Kunjungi 2017

Inilah 21 Tempat Wisata di Gresik Terlengkap dan Terbaik yang Wajib di Kunjungi 2017. Bicara Gresik pasti tidak lepas dari kota industrinya.

Lebih dari 100 Perusahaan ada di Kabupaten ini, dari Perusahaan Swasta, BUMN, Go Publik sampai Perusahaan Go Internasional ada di Gresik.

Destinasi wisata yang ada di Gresik
Wilayah Gresik ini sangat luas sekali dari mulai berbatasan dengan Surabaya, Mojokerto, Lamongan sampai wilayah Laut yang ada di Pulau Bawean. Pulau Bawean ini sekitar 150 km dari kota gresik. Saya juga kesana lho.

Di kota domisili saya ini tidak melulu tentang Industrinya saja. Di balik hiruk-pikuk dan Polusi kota industri, Gresik juga menyimpan kekayaan Wisata alam yang tidak bisa diremehkan.

Namun sayang tidak banyak warga gresik sendiri mengunjunginya. Mereka lebih suka berwisata keluar daerah Gresik.

Oleh karena itu sebagai orang yang berdomisili di Gresik, saya akan coba bahas Beberapa Tempat Wisata Terbaik di Kabupaten Gresik (Lengkap) yang sudah pernah saya kunjungi.

Destinasi Wisata yang akan saya bahas ini terlengkap dan terbaik di Gresik. Mulai dari pantai, bukit, gunung, tanjung, wisata religi, air terjun dan semuanya yang indah akan saya bahas secara lengkap.

Dan alhamdulillah yang saya bahas disini sudah pernah saya kunjungi.

Artikel Terkait:

Berikut ini 21 Tempat Wisata yang ada di Gresik :

1. Bukit Jamur Gresik

Tempat wisata Gresik
satu ini sangat viral sekali di medsos akhir-akhir tahun ini. Sebenarnya sudah lama Bukit jamur ini berada Dukun Sembayat Gresik.

Namun di awal Awal tahun 2015 sampai sekarang Tempat Wisata ini sangat ramai sekali. Puluhan bebatuan Besar yang mirip Jamur ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, apalagi buat selfie.

Bebatuan ini seperti jamur kancing yang baru tumbuh dari tanah. Namun keberadaanya sekarang sangat terancam sekali karena disebelah kiri kanannya dalam proyek pembangunan Kawasan Perumahan Elit.
Saat sunset
Kalau kalian ke Kota Gresik wajib kunjungi wisata satu ini. Namun sekarang hanya buka hari minggu saja.

Jika Sobat Traveller ingin ke Bukit Jamur Gresik bisa baca pengalaman saya ini.

Baca: Bukit Jamur Gresik, perjalanan Trip dan lokasinya

2. Bukit Surowiti

Bukit Surowiti merupakan salah satu objek wisata religi di Gresik. Namun tidak setenar Makam Sunan Giri atau makam Maulana Malik Ibrahim.

Di Objek wisata religi yang satu ini terdapat beberapa spot wisata diantaranya:
- Pesarean Sunan Kalijaga
- Makam Mpu Supo
- Makam Raden Bagus Mentaram
- Gua Langsih
- Gua Lumbung
- Petilasan Kali butung
Pesarean Sunan Kalijogo
Makam Empu Supo

Pasti tidak nyangka bukan di Bukit yang berada pada 260 mdpl ini terdapat Petilasan/Pesareannya Sunan Kalijaga. Saya sendiri kaget saat kesana.

Meskipun ini bukit ternyata makam dan pesarean ini berada di perkampungan. Jadi setelah memarkirkan kendaraan kita melewati perkampungan warga. Dan warganya beraktifitas seperti biasa tidak seperti tempat wisata lainnya yang selalu ramai pedagang.

Wisata Religi Bukit Surowiti ini berada di Desa Surowiti Kec Panceng Gresik. Disini juga disediakan parkir Sepeda roda dan juga roda 4.


3. Bukit Kapur Sekapuk

Tempat selanjutnya adalah Bukit Kapur Sekapuk. Bukit ini berada di Desa Sekapuk Kec. Panceng Kab Gresik. Bukit Kapur ini sebenarnya bukan wisata resmi, disini adalah Tempatnya penambang kapur.

Namun saking indahnya tempat ini banyak pengunjung yang berdatangan. Yang menjadi daya tarik tempat ini adalah terdapat banyak lorong besar bekas galian Kapur. Hampir seperti gapura pintu masuk.
Bukit Kapur Surowiti
Ada lagi kubangan air berwarna hijau cantik diatas bekas galian kapur yang mirip Danau Kaulin di Belitung. Pantas banyak foto-foto keren tercipta di Bukit Kapur Sekapuk ini.

Sisi lain Bukit Kapur Sekapuk
Jika sobat kesini jangan menganggu aktifitas bapak-bapak penambang kapur ya.


4. Pantai Pasir Putih Delegan

Jika sobat dari gresik kota. Saya rasa dari Bukit jamur, Bukit Surowiti, Bukit Kapur Sekapuk dan Pantai Delegan merupakan satu jalur.
Jadi sobat urutin saja tuh spot wisatanya biar gak bolak balik dan waktu lebih efektif.

Pantai Delegan ini berada di Kecamatan Panceng Kecamatan paling barat di barat di Gresik. Berada di desa Delegan Kec. Panceng Kab. Gresik.

Setali tiga uang dengan ketiga Destinasi wisata diatas. Pantai Pasir Putih Delegan ini sangat ramai dikunjungi netizen. Apalagi kalau di hari minggu. Pengunjung seolah bertambah terus.

Bahkan ada juga yang menyebut pantai delegan Pantai Ancolnya jawa timur. Memang dari segi bibir dan tingkat keramaiannya hampir sama dengan pantai yang ada di Jakarta Utara itu.

Air laut dengan gelombang yang tenang menjadi tempat bermain favorit bagi anak-anak kecil. Jika sobat bingung mau mengajak anak-anak liburan, Pantai Delegan ini bisa jadi alternatif.

Oya sobat juga bisa ketengah laut dengan naik kapal beramai-ramai.


5. Bukit Bintang Gresik

Tempat Wisata Gresik ini merupakan tempat tertinggi di Kota Gresik. Tempatnya berada di perbukitan Putri Cempo Ds. Ngargosari.

Waktu yang recomended ke Bukit Bintang ini pada malam hari. Jadi di spot ini sobat bisa melihat lepas pemandangan kota Gresik dari ketinggian.

Sobat bisa melihat pabrik-pabrik Gresik dari atas, bisa melihat Wisma Semen Gresik, Pabrik Petrokimia, Stadion Joko Samudro, sampai bisa melihat jembatan Suromadu dari sini.

Diatas perbukitan ini terdapat beberapa warung kopi dan juga caffe. Dari yang berharga kaki lima sampai yang mewah juga ada disini. Bisa di bilang Batu nya kota Gresik ya disini ini.

View Perkotaan Surabaya
Caffe di daerah Putri Cempo
Saya sendiri jika ingin ngopi biasanya kesini. Sobat bisa membawa kendaraan pribadi sampai atas sini. Jangan lupa bawa jaket yang tebal ya karena di bukit bintang ini hawanya dingin.


6. Makam Sunan Giri

Destinasi wisata religi yang satu ini sangat terkenal sekali dibanding yang lain. Terutama di kalangan warga muslim pasti tidak asing dengan Makam Sunan Giri ini.

Makam Sunan Giri
Sunan Giri ini merupakan salah satu penyebar agama islam di tanah jawa diantara ke 9 Wali. Biasanya para wali ini di sebut Wali Songo, atas jasa mereka lah agama islam sampai di Jawa.

Dengan mendirikan Kerajaan Giri Kedaton Sunan Giri menjadikan kerajaan ini sebagai pusat penyebaran agama islam

Sehingga banyak sekali peziarah dari jawa timur maupun luar jatim yang ingin berwisata religi ke Makam Raden Paku (nama panggilan Sunan Giri).
Makam Sunan Giri ini berada di atas bukit (dataran tinggi) jadi pasti adem guys.


7. Makam Maulana Malik Ibrahim

Selanjutnya Makam Maulana Malik Ibrahim. Makam Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu destinasi wisata religi berikutnya di kota Gresik. Karena Sunan Maulana Malik Ibrahim juga salah satu wali songo. Wali Allah penyebar agama islam di Jawa.

Bahkan menurut salah satu sumber Sunan yang memiliki Panggilan Sunan Gresik ini adalah Penyebar agama islam pertama di tanah jawa.

Iya, karena beliau lahir di Samarkand Asia Tengah. Jadi dari luar dia membawa agama islam dan alhamdulillah diterima dengan baik oleh masyarakat.

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim ini berada di desa Gapurasukolilo Kota Gresik. Makam Sunan Gresik ini berjajar 3, Yaitu bersama dengan makam istrinya dan di sebelah makam putranya.


Makam Maulana Malik Ibrahim ini juga bebatasan langsung dengan Taman Makam Pahlawan Gresik dan dekat dengan Alun-alun Gresik.

Jadi jika sobat main ke Alun-alun jangan lupa ziarah ke Sunan Gresik ya. Tiket masuknya Gratis kita hanya membayar biaya perkir.


8. Danau Ngipik

Danau yang satu ini berada di tengah kota, lebih tepatnya di Kawasan Industri Gresik. Sebuah Kawasan Industri terbesar di Kota Gresik.

Gak kebayang kan di tengah tangki-tangki besar dan tingginya cerobong asap masih diterdapat danau yang sangat luas sekali.

Memang maksud dari pembangunan lahan bekas tambang menjadi telaga ini ditujukan untuk menjadikan lahan hijau dan bisa mengurangi polusi.

Di Telaga ini merupakan surganya pemancing. Karena rumah saya dekat daerah situ saya sering memperhatikan orang-orang mancing yang begitu banyak di sudut Danau.
Bahkan ketika saya pulang kerja malam pun masih ada saja yang memancing.

Di depan Danau Ngipik ini terdapat puluhan warung kopi yang bisa membuat sobat betah. Apalagi ditambah dengan pemandangan Danau Ngipik.

Setiap hari minggu Danau Ngipik ini dipakai latihan atlit Ski Air. Ini merupakan binaan PAASKI Gresik.


9. Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur yang berada di desa Suci ini sangat mudah rutenya. Letaknya berada di dekat Perumahan GKB arah ke Suci.

Bukit kapur suci ini masih aktif ditambang oleh warga dari pagi sampai sore.

Disini kita disuguhkan pemandangan bukit kapur yang cantik sama seperti di Bukit Kapur Sekapuk. Namun bedanya disini mereka banyak menambang untuk dijadikan material jalan.

Tempat ini juga bagus untuk dijadikan spot fotografi. Jika sobat ingin kesini jangan ganggu aktifitas penambang ya.


Bukit Kapur Suci


10. Pulau Bawean

Pulau Bawean ini terletak di 120 km dari Kota Gresik. Di balik jaraknya yang jauh di Bawean mempunyai keindahan alam sangat luar biasa dan terlengkap. Semua jenis wisata ada di Pulau Bawean ini.


Pulau Bawean terkenal dengan Pulau Putri, ya karena mayoritas Kepala Keluarga mereka menjadi perantau di luar Bawean. Bahkan banyak juga yang merantau sampai luar negeri.

Selain terdapat berbagai Wisata Alam di Pulau Bawean juga terdapat Satwa Endemik. Satwa Endemik yang ada di Bawean yaitu Rusa Bawean dan Babi Kutil.

Setelah ini akan saya bahas Destinasi Wisata yang ada di Pulau Bawean satu persatu. Memang bicara keindahan wisata gresik tidak bisa lepas dari Bawean.

Baca : Bawean, Backpacker Trip Itinerary dan Lokasi Spotnya


11. Penangkaran Rusa Bawean

Rusa Bawean dengan nama latin (Axis Kuhli) merupakan satwa endemik yang hanya bisa sobat temukan di Pulau Bawean.

Alhamdulillah Rusa Bawean ini sudah dikelola dengan baik dan ditangkarkan. Penangkaran Rusa Bawean ini berada di desa Beto Gebang Pudakit Barat Kecamatan Sangkapura. Dari Dermaga Sangkapura sekitar 10km.
Rusa Bawean
Disini ada sekitar 50an ekor Rusa yang ada di penangkaran. Dan ada sekitar 480an ekor di alam bebas. (Sumber: Pak penjaga penangkaran)


12. Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara ini adalah salah satu pantai terindah yang berada di Pulau Bawean. Lokasinya terletak di Desa Kepuh Teluk Kec. Tambak.

Pantai ini memiliki nilai histori yang tinggi dan akan selalu di kenang warga Bawean. Hal ini dikarenakan dulu istri Sunan Giri yang bernama Siti Zaenab menjadi orang pertama yang menemukan Pantai ini. Disini pula lah Siti Zaenab mengikrarkan kesetiaannya terhadap Sunan Giri.

Bibir pantai yang panjang dan memiliki gradasi biru menjadi daya tarik wisatawan menuju pantai ini.
Pantai Mayangkara dari atas bukit

13. Pantai Makam Panjang (jherat lanjheng)

Pantai yang satu ini tidak boleh diremehkan kekhasannya. Dari namanya saja sudah aneh mana ada pantai yang ada makamnya.

Tapi ini fakta di pantai ini terdapat makam yang panjang sekali. Panjangnya kira-kira 11-12 meter. Konon makam ini adalah makam Pusaka Aji Saka yang dikubur bersama Doro (pembatu Aji Saka). Aji Saka sendiri merupakan penyebar agama Hindu di Pulau Jawa.

Makam Panjang
Jangan takut ya sobat, meskipun di pantai ini ada kuburannya karena di samping kiri kanan view yang indah sekali.
Terdapat Pantai yang indah di sebelah kiri dan kanannya.


14. Air Terjun Murtalaya

Air terjun Murtalaya ini berada tidak jauh dari perbukitan mayangkara. Letaknya di turunan terakhir sebelah kanan.
Untuk kesini sebenarnya mudah namun di spot wisata yang satu ini tidak ada petunjuk jalannya. Jadi sobat harus bertanya warga jika bingung.


Air terjun setinggi 13 m ini menyuguhkan keindahan Dinding Bebatuan air terjun yang mirip seperti batu yang ditata.

Air terjun ini biasanya juga di sebut orang lokal air terjun ratu.


15. Air Terjun Putri



Air terjun ini berada di desa Paromaan Kec. Tambak Bawean. Lokasi air terjun ini dekat dengan Danau Kastoba.

Air terjun ini sangat istimewa batunya sangat halus dan bahkan bisa dibuat prosotan. Air terjun ini lumayan tinggi sekitar 25 m.

Saya biasanya nyebur berenang kalau sudah di Air terjun ini.


16. Danau Kastoba

Danau Kastoba, sebuah danau yang berada di tengah hutan tropis di Pulau Bawean. Danau yang sangat fenomenal ini berada di desa Paromaan Kec. Tambak Bawean.
Danah Kastoba

Danau Kastoba ini menyuguhkan panorama air danau yang sangat jernih dan "bak cermin". Danau ini juga menjadi habitat ikan dan biawak.

Di balik keindahan Danau ini menyimpan berbagai cerita mistis dan juga legenda. Bahkan ada juga yang mengaitkan danau yang satu ini dengan danau terbesar di Indonesia (Danau Toba).

Untuk melestarikan Wisata Alam Danau Kastoba ini Pemerintah sudah mendaftarkan di Menteri Kehutanan sebagai cagar alam.
Jadi kalau sobat kesini buanglah sampah pada tempatnya ya.


17. Gunung Sabu

Gunung ini berada tidak jauh dari Danau Kastoba. Jadi kalau sudah sampai puncak kita bisa melihat view Danau Kastoba dan Pulau Bawean dari Ketinggian.
Sambil hammockan

Dan menurut saya disini merupakan tempat terbaik untuk melihat Pulau Bawean penuh 360° dari atas.

Kalau kata teman saya di Puncak Gunung Sabu ini mirip Wisata Kalibiru yang ada di Jogja. Kalau dibilang Gunung sih sebenarnya kurang tepat karena tingginya kurang dari 1000mdpl.

Menuju Gunung ini diperlukan fisik yang cukup tangguh karena kita akan trecking sekitar 1,5 jam.


18. Pantai Labuhan

Pantai yang satu ini selalu menjadi favorit saya kalau sedang berkunjung di Bawean. Keeksotisan Pantai ini sangat luarbiasa.
Sunset Bawean

Pantai ini menghadap laut tepat di arah Barat jadi untuk Sunset di Pantai Labuhan ini sangat juara.

Selain itu pantai ini juga memiliki bibir pantai yang luas. Jadi kalau kamu ingin camping ceria bisa deh buka tenda disini.
Sunset pantai labuhan
Pantai Labuhan ini berada di desa Tanjung Ori Kec. Tambak Bawean. Menurut saya pantai ini tak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali ataupun Pantai Senggigi di Lombok. Karena saya sudah pernah jalan-jalan kesana.


19. Pulau Gili

Pulau Gili ini berada di desa Pamona Kec. Sangkapura Bawean. Dari Pulau Bawean untuk menuju pulau ini harus naik perahu lagi di dermaga pamona sekitar 45 menit.

Pulau Gili
Pulau Gili ini merupakan pulau aktif dimana dihuni sekitar 800 kepala keluarga. Mayoritas penghuninya adala mereka nelayan. Jadi kalau kalian di Pulau Gili pasti beli ikan laut murah-murah.


20. Pulau Noko

Yap, Pulau ini sangat viral sekali di sosmed baik di Youtube ataupun di Google. Daya tarik di Pulau Noko ini adalah view hamparan pasir yang sangatlah bersih dan juga view lautan terbelah.
Gili Noko
Ya sebenarnya bukanlah lautan yang terbelah. Namun pemandangan ini bisa terlihat jika keadaan air laut lagi surut.
Karena sebenarnya Pulau Gili dan Noko adalah satu pulau.
Sunset Noko
Jika sobat ke Gili Noko harus mencoba snorkling. Karena spot snorkling disini lumayan juga lo viewnya. Saya kalau lagi ngantar teman-teman backpacker saya selalu saya ajak snorkling di Gili Noko.


21. Tanjung Ga'an

Tanjung An? Bukan ini bukan di lombok..  tapi ini di Gresik di Pulau Bawean tepatnya.
Cantiknyaa
Bagi saya diantara wisata lain di Pulau Bawean Tanjung Gaan ini merupakan Wisata Favorit saya.
Disini terdapat Pantainya juga hampir mirip Greenbay yang ada di Banyuwangi.
Tanjung Gaang

Dan yang paling tidak bisa saya lupakan adalah view laut lepas diatas karang-karang semenanjung Ga'ang ini.

Buset indah banget viewnya, air laut nya sangat biru jernih sekali sampai kita bisa lihat dasarnya, lalu angin semilir desertai ombak yang sangat menyegarkan.

Dan kata orang bawean, "Kalian belum ke Bawean kalau belum ke Tanjung Ga'ang".

Oke sobat traveller, berikut tadi adalah review lengkap tentang Tempat Wisata yang ada di Gresik tahun 2017. Sangat banyak dan lengkap sekali kan. Semoga bisa jadi tempat referensi wisata sobat jika ingin melepas penat.

Jadi, kalau ada waktu libur panjang segera atur waktu ke Gresik. Sobat juga bisa hubungi saya jika ada pertanyaan atau ingin ditemani berwisata di Gresik.



Baca juga : Lokasi Food Junction Grand Pakuwon Surabaya Barat, Destinasi Wisata Kuliner Terlengkap di Surabaya


Happy Travelling Guys..

Komentar