Wisata Masjid Al Birru Pertiwi, Masjid Berarsitektur ala Timur Tengah di Bojonegoro

Sekarang wisata di Bojonegoro mulai beragam. Tidak melulu tentang Wisata Alam yang sudah terkenal seperti Kayangan Api, Tirtawana, Air Terjun ataupun yang lainnya.

Ataupun Wisata berwana terbaru yang pernah saya Kunjungi Go Fun Bojonegoro Theme Park.

Baca : jalan-jalan ke Go Fun Bojonegoro Theme Park, Destinasi Wisata Berwahana Pertama di Bojonegoro


Sebagai warga Bojonegoro kalau lagi pulang kampung saya sering mencari tempat-tempat wisata untuk berlibur. Pada bulan lalu setelah mengganti plat nomor di samsat, saya menyempatkan jalan-jalan ke Bojonegoro.

Sebelumnya saya sudah browsing di internet apa yang menarik di wisata Bojonegoro. Dan saya penasaran dengan wisata unik yang berada di Dander Bojonegoro.
Di Bojonegoro terdapat Destinasi wisata yang unik lho.. yaitu sebuah Masjid.

"Masjid kok jadi tempat wisata? Apa bagusnya?"

Namanya Masjid Al Birru Pertiwi. Dalam benak saya namanya tidak sama sekali menunjukkan nama Masjid. Namun di sisi lain mempunyai arti yang sangat dalam.

Sebelum saya ulas sejarah terbentuknya Masjid ini saya akan review keindahan Masjid ini dan dimana lokasinya.

Masjid Al Birru Pertiwi ini merupakan Masjid indah yang berarsitektur ala Timur Tengah. Setelah saya cari tahu memang desainnya mirip Masjid di Turki atau Arab.

Tidak seperti Masjid di daerah Jawa.. yang desainnya seperti itu itu saja. Masjid ini berdiri kokoh dengan dominasi warna Kuning, merah bata menyala. Dan satu lagi Masjid Al Birru Pertiwi ini berkubah emas.
Bagian Samping Masjid
Dinding Masjid

Jadi kalau dari Kejauhan dan melewati jalan ini pasti menghentikan pandangan mata sejenak di Masjid ini. Masjid Al Birru Pertiwi ini didesain oleh arsitektur berpengalaman yaitu Uke Setiawan.

Sebelumnya beliau juga mendesain masjid di Depok yang hampir sama desainnya dengan Masjid Al Birru Pertiwi.

Di pelataran Masjid Al Birrupertiwi terdapar Kolam Ikan. Dan di komplek tersebut juga terdapat Yayasan Pertiwi.
Selain itu juga di Masjid Al BirruPertiwi ini juga terdapat kios dan Food Court yang masih proses pembangunan.

Yayasan TPQ
Kios & Food Court
Parkir yang luas

Masjid yang di resmikan Bupati tanggal 25 Januari 2014 ini juga memiliki Parkiran yang sangat luas sekali. Bahkan kalau saya analogikan luas parkirannya ini 5x lebih luas dari masjidnya.

Jadi masjid ini bakalan bisa menampung banyak Jamaah. Dan jangan khawatir soal parkir kendaraan anda. Oya di Area Masjid al birru pertiwi ini diawasi oleh Security juga lho.

Lokasi Menuju Masjid Al Birru Pertiwi

Masjid Al Birru Pertiwi ini berada di pinggir Jalan raya Bojonegoro - Nganjuk (KM 13) Dusun Nemon Desa Dander Kec. Dander, atau jalur Bojonegoro - Dander sekitar  8 km an dari Bojonegoro menuju Dander. Saya jamin sangat mudsh sekali menemukan Masjid Al birru pertiwi ini.


Artikel terkait :



Sejarah Masjid Al Birru Pertiwi

Pasti sobat bertanya-tanya untuk apa Masjid ini dibangun sebegitu indah. Sebenarnya sudah ada petunjuk sejarah pendirian Masjid ini. Terdapat sebuah Vandel besar dan tertuliskan riwayat dan maksud di bangunnya Masjid ini.
Vandel

Disitu tertulis jelas apa yang dimaksud. Intinya Masjid ini dibangun atas rasa syukur keluarga Santoso.

Santoso mantan Bupati Bojonegoro?
Saya juga mikir demikian
Ternyata Bukan beda, !

Dimana Masjid ini dibangun Oleh Putra-putri Bapak Santosa dan Ibu Pertiwi. Dan di dedikasikan untuk beliau yang telat wafat. Karenanya anak-anak Beliau sekarang menjadi sukses dan mempunyai Jabatan.

Nama Pertiwi dari Masjid Al Birru Pertiwi ini diambil dari nama Ibu Santoso namanya Pertiwi. Oleh karena itu semoga orang yang datang ke Masjid ini tidak hanya berwisata melainkan juga Sholat dan juga dapat mencontoh bagaimana berbakti nya Anak-anak Santoso kepada Orang tua.

Berikut anak Keluarga Santoso
- Sugeng Santosa
- Suprapto Santosa
- Supramu Santosa
- Widodo Santosa
- Winarno Santosa
- Wijiningsih Santosa

Mungkin dari sekian nama sobat tidak ada yang kenal. Sama saya juga begitu. Namun saya kenal sedikit dengan Supramu Santosa.

Beliau adalah Direktur PT. Supreme Energy perusahaan yang bergerak di bidang Pertambangan Migas. Perusahaan Pak Supramu ini juga sering berkerja sama dengan Pertamina.

Bahkan setelah saya baca di salah satu sumber Bapak Supramu ini merupakan 100 orang terkaya di Indonesia. Keren sekali kan Bapak kelahiran Dander Bojonegoro ini.

Saking instagramablenya Masjid Al Birru Pertiwi ini banyak sekali anak hits yang mengunjungi Masjid ini. Mereka menggunakan Pakaian terbaik agar terlihat kece saat di camera.
Oya, bagi kalian cewek-cewek yang belum punya baju OOTD bisa kunjungin MatahariMall.com lagi ada banyak Promo nih.

Tampak samping

Berikut tadi ulasan saya tentang Wisata Bojonegoro Masjid Al Birru Pertiwi Masjid berarsitektur Timur Tengah. Jika ingin menggunakan masjid ini untuk akad nikah atau melakukan pengajian besar bisa sobat hubungi di website www.albirrupertiwi.com

Komentar