Wisata Alun-alun Batu, Jujukan bagi Para Wisatawan di Batu

Batu merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai tempat wisata paling banyak. Memang benar-benar layak kalau batu disebut sebagai Kota Wisata.

Bagaimana tidak ?
Di Batu semua wisata ada baik yang wisata alam seperti Air Terjun, Gunung ataupun wisata berwahana (Jatim Park, BNS, Museum Angkut) dll.

Selain mempunyai banyak tempat wisata, Kota Batu memiliki tempat yang menjadi jujukan wajib para wisatawan yaitu Alun-alun Batu.

Bahkan Alun-alun Batu ini disebut alun-alun terbaik se Indonesia. Alun-alun Batu ini sangat lengkap dan indah banget.

 
Iya, ketika saya kesini mesti ramai sekali bis-bis pariwisata berhenti di Alun-alun Batu ini.
Saya selalu mampir ke Alun-alun Batu kalau lagi berada di Batu, yah bisa saya katakan ini rumah kedua saya jika di Batu. Hehehe

Lumayan di Alun-alun Batu saya bisa mengecharge badan yang capek dan juga bisa mengisi stamina serta cuci mata. :D. Oya satu lagi kita bisa pipis juga di alun-alun Batu ini, maksudnya di Toiletnya. Please deh..:D

Akhir tahun 2016 kemarin saya tidak sendirian di Alun-alun Batu ini, saya di temani Alid, Novi dan dika (cowoknya Novi).

Pada umumunya Alun-alun yang biasanya hanya berisi lapangan dan taman, bahkan biasanya disalah gunakan untuk orang-orang berpacaran. Alun-alun batu ini di desain menyerupai pasar malam.

Berbagai fasilitas bisa dinikmati para pengunjung. Ada area bermain untuk anak-anak, bianglala, air mancur, serta toilet yang berbentuk apel dan ruang informasi yang berbentuk stoberi.

Selain itu kita juga bisa duduk-duduk manja melihat ramainya pengunjung Alun-alun Batu, seperti saya nih.

Asal sobat tahu di alun-alun Batu terdapat puluhan tempat duduk yang jika kita duduk bisa membuat badan dan otak kita rileks. (lebay lagi dehh.. :D)

Seperti saya dan kawan-kawan, duduk foto duduk pindah lagi, duduk selfie lagi begitu seterusnya sampai capek.

Oya sebelum di Alun-alun Batu ini saya jalan-jalan dulu di Spot Foto Romantis Coban Rais dan dilanjut makan Ketan Legenda 1967 yang sangat Fenomenal itu (sebelah Alun-alun).

Oya, sebenarnya ini merupakan cerita lanjutan liburan akhir tahun 2016 kemarin di Malang yang mengunjungi beberapa tempat Wisata dan Kuliner.

 Cerita Sebelumnya :
#1. Spot Foto Romantis Coban Rais, Wisata Terbaru di Malang yang Lagi Hits Banget
#2. Makan Ketan di Pos Ketan Legenda 1967, Kuliner Wajib di Alun-alun Batu



Puas duduk-duduk manjah kalian juga bisa naik bianglala, dan bisa melihat Kota Batu dari atas ketinggian.  Harga tiket untuk naik bianglala ini termasuk murah sobat Cuma merogok kocek Rp. 3000,-.

Lihat tuh Alid seneng banget, sangat menginspiasi banget bagi kalian para jomblo. Bisa menembak pacarmu disini guys.. hehe

Seru banget kan...!!!
Satu lagi, di Alun-alun Batu ini kalian bisa mendapatkan air minum gratis..tis...

Kok bisa, iya disini ada keran yang mengalirkan air gunung. Dan air ini bisa langsung kalian minum guys. Enak kan udah bisa istirahat bisa minum air gratis lagi.

Alun-alun Batu ini memang menjadi tempat favorit saya sejak kuliah. Iya, saya sempat memakan bangku kuliah 4 tahun di salah satu PTN di malang.

Jadi saya sangat sering sekali ke Alun-alun Batu ini, pihak pengelolanya pun semakin serius membuat Alun-alun ini menjadi salah satu tempat jujukan wisatawan.

Apalagi kalau malam hari lampion di Alun-akun Batu ini menyala. jadi gak perlu ke BNS atau ke Go Fun Bojonegoro untuk melihat indahnya lampion-lampion ini.


Tak hanya untuk wahana hiburan dan rekreasi, dipagi hari tempat ini biasanya digunakan untuk jogging oleh warga sekitar. Pantas saja setiap hari ratusan bahkan ribuan orang mengunjungi Alun-alun terbaik ini.

Selain itu juga alun-alun batu juga bisa digunakan sebagai wisata kuliner. Kenapa begitu? Karena di sekitar alun-alun batu terdapat aneka ragam makanan khas terutama pos ketan legenda. Bagi anda yang berkunjung  ke alun-alun batu, sangat diwajibkan untuk mencoba pos ketan legenda.

Dimanakah lokasi Alun-alun Batu?

Alun-alun batu terletak di JL. Agus Salim, Sisir, Kecamatan Batu. Jika anda dari surabaya, anda harus menempuh jarak 90km untuk sampai di alun-alun batu. Jika dari kota malang menempuh jarak 15 km.

Sangat mudah sekali menemukan Alun-alun Batu ini. hal ini dikarenakan lokasinya merupakan di jalan utama Malang Jombang/kediri.


Apa saja fasilitas yang ada di Alun-alun Batu?

Wahana Permainan
Salah satu wahana yang menjadi ikon di alun-alun batu adalah bianglala seperti yang ada di Food Junction Surabaya. Dengan naik bianglala kita bisa melihat pemandangan kota batu ketika berada di atas. Harga tiket untuk naik bianglala sekita 3000 rupiah.

Selain bianglala, ada juga area untuk bermain anak-anak seperti prosotan, kuda-kudaan, ayunan dan lain sebagainya.


Pusat Informasi
Untuk mencari informasi mengenai acara-acara yang diadakan di alun-alun batu kita bisa mengunjungi pusat informasi yang berbentuk apel.

Toilet umum
Umumnya, toilet-toilet umum berbentuk bangun kotak. Uniknya di alun-alun batu toiletnya berbentuk buah stroberi. Letak di sebelah pusat informasi.



Tempat Kuliner
Di sekitar area alun-alun batu banyak tempat-tempat makan terutama pada malam hari. Salah satu tempat makan yang terkenal adalah pos ketan legenda. Pos ketan legenda menjual ketan dengan aneka toping seperti susu, keju, abon, meses dan lain sebagainya.

Selain pos ketan, ada juga tempat-tempat lain terkenal yaitu depot susu ganesha dan pos ketan pojok alun-alun.

Bagaimana sobat, tertarik ya ke Alun-alun Batu yang bisa menjadi Jujukan bagi Para Wisatawan di Batu. Saya jamin sobat gak akan merogoh kocek banyak jika kesini, hati riang keluarga bahagia.

Mampir kesini ya guys jika liburan dan jangan lupa bawa jaket biar gak kedinginan.

Habis berwisata di Alun-alun Batu saya bergegas turun ke daerah Kepanjen di rumah keluarga saya. Dan keesokan harinya saya renang di Sumbermaron. Bagaimana keseruannya, simak terus yaa....

Komentar

  1. Alun-alun Batu... Salah satu tempat favorit kalo lg gabut ga jelas, bokek, tapi pengen refreshing ^_^

    Nice sharing Mas Ade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. bener mbaak.. itu jg tmpt favorit saya..

      Hapus

Posting Komentar